Sasar 17 Banjar

  • 20 April 2017
  • Oleh: kominfo
  • Dibaca: 47 Pengunjung
Sasar 17 Banjar

Sebagai pos pelayanan dasar menempatkan posyandu pada posisi terdepan dalam upaya memberikan pelayanan pada masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Denpasar yang menempatkan masalah kesehatan sebagai prioritas pembangunan setiap tahunnya. Demikian disampaikan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara yang didampingi Ny. Kerti Rai Iswara saat meninjau posyandu paripurna di Dusun Alas Arum, Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan Kamis (20/4). Posyandu Paripurna ini juga dihadiri Camat Denpasr Selatan AA Gde Risnawan dan Lurah Sesetan

Lebih lanjut Ny. Antari Jaya Negara menambahkan posyandu ini sebagai motivasi dan menggelorakan semangat para kader PKK agar melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. Posyandu paripurna merupakan upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dapat dilaksanakan secara merata. Melalui posyandu diharapkan dapat menyasar balita, ibu hamil, ibu menyusui dan ibu nifas dalam memberikan pelayanan kesehatan secara efiktif dan efisien. Menurut Ny. Antari pelaksanaan posyandu bertujuan untuk membantu berat badan balita kurang gizi ke arah berat badan yang lebih baik serta meningkatkan status gizinya. Disamping itu untuk mempertahankan gizi dan kesehatan lansia agar dapat beraktifitas lebih baik di hari tua. Disamping itu melalui posyandu paripurna diharapkan para lansia dapat mengisi hari tuanya dengan hal-hal yang positif. "Kami harapkan para lansia turut mengisi pembangunan di Kota Denpasar salah satunya dengan mengikuti pelaksanaan posyandu paripurna," ujar Ny. Antari. Dengan adanya posyandu ini para lansia diharapkan sebagai tempat berkumpul untuk bertemu dengan sebaya sehingga bisa lebih bahagia. Ny. Antari mewanti-wanti para lansia agar terus menjaga kesehatan dengan minum vitamin dan selalu datang ke posyandu untuk mendapatkan pemeriksaan secara gratis.

Disamping memperhatikan kesehatan lansia secara fisik, PKK Kota Denpasar juga mengajak para lansia untuk metirtayatra yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Pelaksanaan tirtayatra ini sebagai salah satu bentuk perhatian Pemkot Denpasar dalam hal spiritual. Sedangkan untuk kreativitas para lansia diberi kesempatan untuk menyalurkan kreativitas melalui perayaan hari lanjut usia nasional. "Saya merasa sangat bangga melihat para lansia yang mampu menunjukkan potensi melalui berbagai kesenian seperti janger, serta tarian massal," ujar Ny. Antari. Kedepannya menurutnya kegiatan semacam ini akan terus ditingkatkan untuk memberikan motivasi pada lansia.

Sementara Kepala Dusun Alas Arum Made Suparta mengatakan pelaksanaan posyandu di Alas Arum telah dilaksanakan secara rutin.  Dalam pelaksanaan posyandu paripurna ini jumlah balita yang disasar sebanyak 26 balita dan 37 lansia.(Gst)

  • 20 April 2017
  • Oleh: kominfo
  • Dibaca: 47 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya