Pemkot Denpasar Gandeng Pihak Swasta, Kembangkan Berbagai Sistem Digital Memperkaya Smart City

  • 20 April 2017
  • Oleh: kominfo
  • Dibaca: 51 Pengunjung
Pemkot Denpasar Gandeng Pihak Swasta, Kembangkan Berbagai Sistem Digital Memperkaya Smart City

Denpasar Smat City atau Denpasar Kota Cerdas dengan langkah Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota I GN Jaya Negara memberikan kemudahan dan percepatan akses pelayanan kepada masyarakat melalui media teknologi informasi. Tentu langkah ini telah dilakukan lewat bentukan Denpasar Damamaya Cyber Monitor yang berada di Graha Sewaka Dharma Lumintang dengan berbagai penanganan pelayanan masyarakat hingga pendataan Kota Denpasar dalam satu areal control. Penguatan program tersebut juga dilakukan dengan kerjasama melibatkan pihak swasta terkait pengembangan system digital.

"Saat ini mendukung program Denpasar Smart City melibatkan peran pihak swasta mencari solusi dalam penerapan berbagai percepatan program, akses dan pelayanan masyarakat,'' ujar Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar, Gede Kagung Putra saat menerima penjajagan kerjasama dari Sejahtera Group, Kamis (20/4) bertempat di Lantai II Gedung Sewaka Dharma. Lebih lanjut dikatakan pertemuan ini untuk memaksimalkan penerapan teknologi untuk mendukung Denpasar Smart City. Sejauh ini penerapan teknologi ini sebenarnya sudah berjalan dengan baik seperti pada Pro-Denpasar, untuk selanjutnya hanya perlu sedikit penambahan seperti pada skema pengolahan data, agar data- data tersebut bisa dimanfaatkan sebagai informasi yang baik bagi masyarakat. Denpasar Damamaya Cyber Monitor dengan satu ruangan pengolahan berbagai data hingga kebencanaan serta juga pelaporan masyarakat. Sehingga dari kerjasama ini nantinya diharapkan mampu lebih mendukung program Samrt City yang meliputi Smart Health Care, Smart Building, Smart Transportation, hingga Smart Government.

Sementara itu, VP of Marketing & Sales Sejahtera Group, Joseph Simbar menekankan berbagai macam hal untuk mendukung Smart City di Kota Denpasar, seperti Smart Health Care, Smart Building, Smart Transportation, Smart Food, Smart Public Safety / Service, Smart Retail, Smart Communcations, Smart Water, Smart Government dan Smart Oil & Gas. "Untuk mengatasi permasalahan perkotaan seperti transportasi, Layanan keamanan public, dan pemerintahan juga diperlukan berbagai system seperti system mempermudah pemantauan OPD, Aplikasi Smart Transportation Tracking, Aplikasi Pelaporan Masyarakat dan Apliaksi Smart Government. Pemanfaatan teknologi untuk mendukung Smart City di Kota Denpasar saya liat telah berjalan dengan baik namun perlu dikembangkan dengan system dan pengolahan data yang baik" ujar Joseph Simbar. (esa)

  • 20 April 2017
  • Oleh: kominfo
  • Dibaca: 51 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya