Indahnya Bunga Jempiring, Maskot Kota Denpasar

  • 23 Januari 2020
  • Oleh: Berita Bali
  • Dibaca: 424 Pengunjung

Bunga jempiring atau yang biasa dikenal sebagai bunga kaca piring dipilih menjadi maskot Kota Denpasar sejak tanggal 27 Februari 2002.

Yuk, simak ulasannya!

Keistimewaan Bunga Jempiring

Bunga Jempiring memiliki warna putih jernih dengan mahkota bunga yang bertumpuk-tumpuk indah. Selain indah dilihat, bunga Jempiring juga memiliki warna yang harum sehingga banyak orang yang suka menggunakannya untuk persembahyangan. Selain itu, daun Jempiring pun sering dijadikan obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti demam.

Keistimewaan inilah yang membuat bunga Jempiring dipilih sebagai maskot kota Denpasar.

Makna Bunga Jempiring

Warna bunga Jempiring yang putih dan bersih menjadi lambang kesucian dan kejernihan pikiran. Aromanya yang sangat harum menjadi lambang daya tarik dan kewibaan. Lalu, daunnya yang berwarna hijau pekat melambangkan ketenteraman hati.

Tari Sekar Jempiring

Selain menjadi maskot Kota Denpasar, bunga Jempiring juga menjadi sumber inspirasi lahirnya Tari Sekar Jempiring. Tarian ini pun sengaja dibuat untuk menjadi tarian khas Kota Denpasar. Biasanya, tari ini digunakan untuk membuka suatu acara. Aromanya yang sangat harum menjadi lambang daya tarik dan kewibaan. Lalu, daunnya yang berwarna hijau pekat melambangkan ketenteraman hati.

Tari Sekar Jempiring

Aromanya yang sangat harum menjadi lambang daya tarik dan kewibaan. Lalu, daunnya yang berwarna hijau pekat melambangkan ketenteraman hati. Tarian ini pun sengaja dibuat untuk menjadi tarian khas Kota Denpasar. Biasanya, tari ini digunakan untuk membuka suatu acara.

 


  • 23 Januari 2020
  • Oleh: Berita Bali
  • Dibaca: 424 Pengunjung

Seni Budaya Terkait Lainnya