Jelang Nataru dan Denfes 2018, Pemkot Denpasar Gelar Apel Siaga dan Pembukaan Rest Area

  • 20 Desember 2018
  • Dibaca: 467 Pengunjung
Jelang Nataru dan Denfes 2018, Pemkot Denpasar Gelar Apel Siaga dan Pembukaan Rest Area

Memasuki penghujung Tahun 2018, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perhubungan menggelar apel siaga gelar pasukan pengamanan serta pembukaan tempat istirahat (Rest Area) kegiatan Natal, dan Tahun Baru (Nataru), Kamis (20/12) dipusatkan di Terminal Ubung, Kecamatan Denpasar Utara. Apel yang melibatkan unsur TNI/POLRI, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja serta Instansi terkait lainnya, dipimpin Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar, yang juga sekaligus melaksanakan kesiap siagaan pengamanan pelaksanaan Denpasar Festival (Denfes) Tahun 2018.

 

Dalam arahan pimpinan Apel, Sekda Rai Iswara mengatakan, Kota Denpasar merupakan pusat kegiatan aktifitas masyarakat yang sangat padat dengan mobilitas tinggi. Terlebih saat ini perayaan Natal, Tahun Baru serta Hari Suci Galungan dan liburan anak-anak sekolah berjalan hampir bersamaan, yang  perlu diantisipasi terkait kepadatan arus lalu lintas di Kota Denpasar. Oleh sebab itu, Pemkot Denpasar mempunyai tanggungjawab untuk mewujudkan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang selamat, aman, nyaman, teratur, tertib, lancar dan terpadu. "Kami berharap kepada seluruh OPD terkait untuk selalu membangun koordinasi dan sinergitas yang dapat memberikan jaminan keamanan, keselamatan maupun kenyamanan kepada masyarakat. Selain itu juga diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat agar mencari jalur alternatif jikalau ada kemacetan," kata Rai Iswara. 

 

Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan terminal Ubung juga untuk dimaklumi selama periode angkutan Nataru dan Denfes disamping fungsinya sebagai terminal juga digunakan sebagai Rest Area khusus bagi pengemudi dan bus pariwisata yang tidak tertampung diparkiran hotel. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan keselamatan dan kelancaran lalu lintas serta angkutan jalan di Kota Denpasar. "Dengan motto Sewaka Dharma mari kita tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi, selain itu kepada seluruh anggota Tim Posko terpadu selamat menjalankan tugas. Mari kita jadikan tugas ini sebagai wahana bersama untuk melayani sesama," pungkasnya.

 

Sementara Plt. Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Wayan Lemesnawa didampingi Kabid Dal Ops, I Ketut Sriawan, mengatakan terkait dengan keberadaan Rest Area di terminal Ubung ini menurutnya adalah untuk tempat beristirahat para sopir-sopir pariwisata maupun wisatawan domestik dan asing yang melintas di Kota Denpasar selama periode Nataru dan Denfes.  Untuk para sopir bus pariwisata yang tidak dapat parkir di hotel maupun tempat-tempat wisata bisa parkir di terminal Ubung. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke zona-zona wisata maupun Ke areal Denfes, pihaknya menyediakan 6 bus untuk menuju ke areal tersebut tanpa di pungut biaya, dan bus ini sendiri standby dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 malam. Kemudian ketika disinggung berapa jumlah Rest Area yang disediakan, menurutnya baru hanya di terminal Ubung saja, namun tidak menutup kemungkinan pada terminal lainnya sesuai dengan zona pergerakan bus itu sendiri. Untuk tenaga Posko selama periode Nataru dan Denfes pihanya menyiagakan 60 petugas perharinya.

 

Pengaman pelaksanaan angkutan Nataru dan Denfes ini berlangsung dari tanggal 20 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, sedangkan Denpasar Festival ke-XI berlangsung dari tanggal 28 sampai dengan 31 Desember 2019 yang dipusatkan di areal Patung Catur Muka Denpasar. (Ngurah)

  • 20 Desember 2018
  • Dibaca: 467 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita