Rai Mantra Buka Rapat Kerja Pemkot Denpasar Tahun 2019, Selaraskan Program Pembangunan Dukung Pengembangan SDM Berkualitas

  • 14 Mei 2019
  • Dibaca: 8 Pengunjung
Rai Mantra Buka Rapat Kerja Pemkot Denpasar Tahun 2019, Selaraskan Program Pembangunan Dukung Pengembangan SDM Berkualitas

Pemkot Denpasar secara berkelanjutan terus mendukung selarasnya pembangunan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota. Karenanya, guna mewujudkan hal tersebut dilaksanakan Rapat Kerja Pemerintah Kota Denpasar Tahun 2019 yang dibuka Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di Gedung Sewaka Mahotama, Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Selasa (14/5).

Hadir sebagai narasumber, Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri RI, R. Budiono Subambang. Hadir pula pada kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Anggota DPRD Kota Denpasar, Forkompinda Kota Denpasar serta seluruh stakeholder di Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutanya menekankan bahwa Rapat Kerja ini merupakan momentum untuk terus menggali aspirasi dari beragam stakeholder terkait. Sehingga pembangunan di Kota Denpasar dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan tepat sasaran.

"Tentunya rapat Kerja ini wajib kita manfaatkan sebagai ajang untuk bersinergi dan menyelaraskan program dan inovasi pembangunan Pemkot Denpasar yang sesuai dengan pola pembangunan nasional dan provinsi," jelas Rai Mantra.

Lebih lanjut dikatakan, beberapa hal penting menjadi fokus pembangunan saat ini. Hal ini meliputi pemerataan pembangunan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta pertahanan dan keamanan. Hal ini sesuai dengan fokus pembangunan nasional dengan menciptakan generasi emas Indonesia pada tahun 2045 mendatang. "Pemerataan pembangunan dan reformasi birokrasi harus tumbuh dalam mendukung pembentukan SDM Indonesia yang berkualitas menuju generasi emas di tahun 2045 sesuai dengan program nasional," jelas Rai Mantra.

Rai Mantra juga turut mengapresiasi jajaran Pemkot Denpasar yang secara serius terus berupaya untuk menciptakan perencanaan yang tepat guna dan bermanfaat. Hal ini terbukti Pemkot Denpasar mampu meraih penghargaan nasional Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 ini. "Untuk mewujudkan pemerataan pembangunan yang mendukung pengembangan SDM ini Pemkot Denpasar telah merancang program inklusif yang berpegang teguh pada prinsip Sewaka Dharma yang memberikan kemanfaatan langsung bagi masyarakat," terangnya.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja mengatakan bahwa Rapat Kerja ini merupakan kegiatan rutin tahunan  yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dengan menghadirkan seluruh stakeholder terkait. Hal ini sebagai upaya untuk menyerap aspirasi dari berbagai pihak sehingga pembangunan keberlanjutan di Kota Denpasar dapat dilaksanakan dan tepat sasaran.

"Kegiatan rutin ini dilaksanakan guna menyerap masukan dan usulan dari berbagai steakholder sesuai dengan fokus pembangunan Pemerintah Pusat yakni pemerataan pembangunan untuk memberikan dukungan terhadap pertumbuhan masyarakat yang berkualitas," jelas Cipta Sudewa.

Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Dirjen Bina Bangda Kementrian Dalam Negeri RI, R. Budiono Subambang mengatakan ada 4 pilar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Yakni landasan hukum, data dan informasi, SDM, serta Sarana prasarana dan anggaran. Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas motto pembangunan Sewaka Dharma yang digaungkan Kota Denpasar serta komitmen penyediaan Big Data sebagai landasan dalam penyusunan program dan inovasui berkelanjutan.

"Kami mengapresiasi upaya untuk mewujudkan big data melalui Damamaya, kareana ini merupakan instrumen penting dalam penyelenggaraan pemeritahan dan pembangunan berkelanjutan yang tapat sasaran dan memberikan kemanfaatan," paparnya.

  • 14 Mei 2019
  • Dibaca: 8 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita