Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Gong Kebyar Duta Denpasar Pada PKB XLI

  • 10 Juni 2019
  • Dibaca: 40 Pengunjung
Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Gong Kebyar Duta Denpasar Pada PKB XLI

Dalam rangka persiapan Pesta Kesenian Bali XLI Tahun 2019, Pemkot Denpasar melaksanakan pemelaspasan  abarung (sepaket) Gong Kebyar baru berisikan logo Kota Denpasar "Sightseeing Denpasar The Heart Of Bali" sekaligus pelaksanaan gladi Gong Kebyar Dewasa Sapta Yowana Kanti, Kelurahan Sumerta yang dilaksanakan di  Pura Dalem Sumerta, Minggu (9/6) sore.

Kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram disambut dengan penampilan tetabuhan yang berjudul Sinom Ladrang. Rangkaian pembinaan diawali dengan persembahyangan bersama yang dipuput Ida Pedanda Gede Ngurah, Griya Tegeh Banjar Ujung Kesiman. Persembahyangan ini dilakukan untuk memohon keselamatan dan kerahayuan dalam mempersiapkan penampilan duta seni Denpasar pada Pesta Kesenian Bali XLI Tahun 2019 nanti.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Denpasar, Jaya Negara turut memotivasi para peserta untuk selalu menampilkan kesenian dengan totalitas dan semangat, karena perhelatan seni secara umum tidak saja menjadi ajang kompetisi semata, melainkan lebih kepada bagaimana kita mampu melestarikan seni tersebut sebagai sebuah kekayaan kebudayaan Bali yang harus dilestarikan dan dilakoni dengan semangat yang sungguh-sungguh.

"Kami harapkan dengan adanya gong baru ini nantinya bisa memotivasi seluruh sekehe agar lebih semangat dalam melestarikan adat dan budaya terutama di bidang kesenian khususnya megambel ini," ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara berharap untuk sekehe yang akan mewakili Kota Denpasar agar bisa tampil secara maksimal, dan bisa selalu menjaga kekompakan dengan cara menyesuaikan gerakan, lantunan gambelan sesuai dengan  kreteria yang akan ditampilkan.

"Kami berharap pelatihan ini sebagai ajang evaluasi untuk bisa menjadi lebih baik lagi saat menampilkan kesenian di ajang PKB XLI sebagai Duta Denpasar dan tentunya selalu menjaga kesehatan dan kebugaran sehingga pada saat penampilan bisa maksimal", ungkap Jaya Negara.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram, mengatakan bahwa saat ini memfokuskan pada pemelaspasan Gong yang baru selesai dan berisi lambang "Sightseeing Denpasar The Heart Of Bali" untuk mempersiapkan Pesta Kesenian Bali XLI Tahun 2019. Kesiapan seluruh sekeha, baik dari tetabuhan, gerakan, dan kekompakan sudah sangat matang hanya saja perlu dimantapkan lagi agar lebih detail. Dan dalam upaya penyempurnaan penampilan seni perlu diperhatikan poin-poin penting atau uger-uger dalam sebuah pementasan seni tabuh yang terbentuk dalam sebuah pakem tertentu.

"Tentu dengan adanya penambahan seperangkat Gong ini saya berharap lebih memajukan dan lebih siap dalam pelatihan untuk kegiatan Pesta Kesenian Bali dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan seni dan kebudayaan. Tidak hanya itu, kami harap juga kepada semua pemuda khususnya di Kota Denpasar untuk bisa mempelajari dan mewariskan kebudayaan kita" ujarnya.

Adapun tampilan yang dibawakan oleh sekehe Gong Kebyar Dewasa Sapta Yowana Kanti, Kelurahan Sumerta yang menampilkan Gong Kebyar Kreasi yang berjudul Nunda Bayu. (Arm-Ays)

  • 10 Juni 2019
  • Dibaca: 40 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita