Warga Br. Pekambingan berfoto bersama, thn 1950

  • 22 Maret 2019
  • Dibaca: 33 Pengunjung
Warga Br. Pekambingan berfoto bersama, thn 1950

Dulu ketika mendengar kata Pekambingan, asosiasi mengarah ke Penjara Denpasar. Nama Pekambingan memang jadi populer ketika itu karena keberadaan sebuah penjara.

Penjara #Denpasar yang terletak di daerah Pekambingan Denpasar, tepatnya di jln Diponegoro ini awalnya didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda tahun 1916.  Penjara Denpasar kemudian dipindahkan ke daerah Kerobokan tahun 1983.

Di bekas lokasi penjara kemudian dibangun pusat pertokoan Kertha Wijaya yang diresmikan tahun 1986.

Pertengahan 1980-an, investor mengambil alih lahan di sebelah selatan penjara Denpasar. Di sana ada lapangan Pekambingan, asrama polisi, dan kantor Polisi Resort Badung.

Tahun 1970-an, lapangan Pekambingan sering menjadi arena gelar pasar malam, ada undian kocok dengan hadiah sepeda jengki. Hadiah sepeda tergolong hadiah mewah zaman itu.

Lapangan Pekambingan dan kantor polisi semuanya diambil-alih. Investor membangun kantor polisi dan asrama di Padangsambian. Di lokasi lapangan Pekambingan didirikan pertokoan Rimo, kantor bank, dan pertokoan.

Semula kantor bank dipakai oleh Gedung Bank Harapan Sentosa. Bank ini bangkrut akibat krisis moneter akhir tahun 1990-an. Mulai awal 2000-an, gedung bank itu dipakai oleh Grahapari Telkomsel.

 

Via : sejarahdenpasar

  • 22 Maret 2019
  • Dibaca: 33 Pengunjung

Datang Kunjungi Denpasar Terkait Lainnya

Cari Datang Kunjungi Denpasar