Penukar Pis Bolong Di Sebuah Pasar, 1930.

  • 23 Maret 2019
  • Dibaca: 26 Pengunjung
Penukar Pis Bolong Di Sebuah Pasar, 1930.

Pis bolong atau uang kepeng pernah menjadi alat transaksi di Bali pada masa lampau.

Bentuknya bulat pipih dan bagian tengahnya berlobang. Pada kedua permukaannya berisi tulisan huruf Cina.

Di Bali, uang kepeng ini masih memiliki fungsi. Berbagai sarana upacara masih memanfaatkannya, serta dimanfaatkan pula untuk membuat benda-benda cenderamata pariwisata.

Dalam beberapa jenis upakara terdapat tiga benda penting yaitu uang kepeng (pis bolong), benang tukelan dan basma. Uang kepeng (pis bolong) mencerminkan simbol nilai ekonomi dalam kehidupan.

Benang tukelan mencerminkan simbol kebutuhan sandang dan Basma simbol kebutuhan pangan sbg yg paling pokok bagi hidup manusia.

Sebagian besar sumber - sumber sejarah menyatakan bahwa yang dimaksud dengan uang pada awalnya adalah uang logam yaitu sekeping logam (emas, perak, tembaga dan timah) yg ditandai dengan gambar dan huruf atau angka dari stempel penguasa di atas permukaanya.

Akan tetapi sulit untuk disangkal bahwa uang tidak selamanya muncul atas kreasi Negara/Kerajaan, karena ada juga uang yg lebih dahulu ada sebelum munculnya Negara. Ada bukti yg memperlihatkan bahwa masyarakat Bali telah memiliki keterampilan mengecor logam untuk membuat benda2 budaya dan kebutuhan agama.

Keterampilan masyarakat Bali dalam pengecoran logam diperkirakan pd abad ke-4. Hal ini dibuktikan dgn ditemukannya nekara perunggu besar di Pejeng.

Bagi sebagian masyarakat Bali, uang kepeng jenis tertentu diyakini memiliki kekuatan magis. Uang kepeng yg berisi rerajahan itu pada umumnya memiliki kekuatan sesuai dengan gambar yang terdapat pada salah satu sisi dari uang kepeng tersebut.

Kekuatan gaibnya akan muncul kalau si pembawa uang kepeng tersebut yakin akan hal itu.

Beberapa selentingan terdengar santer di masyarakat bahwa kekuatan gaib uang kepeng sangat dahsyat.

Seseorang yg menjuarai lomba lari digosipkan memiliki uang kepeng bergambar kuda atau pis jaran. Seorang pemuda yg wajahnya tidak begitu menjanjikan tiba2 menikah dgn gadis secantik bidadari, kemudian diisukan punya pis rejuna

  • 23 Maret 2019
  • Dibaca: 26 Pengunjung

Datang Kunjungi Denpasar Terkait Lainnya

Cari Datang Kunjungi Denpasar