Ogoh Ogoh Banjar Petangan Gede

  • 02 Maret 2019
  • Dibaca: 178 Pengunjung
Ogoh Ogoh Banjar Petangan Gede

"I Sida Malung"

(Ketika Ketidakadilan Didapat Ajaran Sesat Pun Dilaksanakan)

I Sida Malung adalah salah satu dari murid Walunateng Dirah (nama lain ratu sakti calonarang), salah satu aji wegig atau ilmu untuk mengganggu yang dimilikinya adalah bisa mengubah dirinya menjadi anjing hutan besar dengan bulu berwarna hitam berkilau.

Malung adalah warga desa biasa yang suka beryadnya, tapi yadnyanya tidak pernah diterima oleh warga desa karena dia merupakan murid Ni Walunateng. Dimana Walunateng Dirah adalah orang yang paling ditakuti karena dipercaya mempunyai ilmu hitam, setiap dia berusaha membantu warga desa, keberadaannya selalu tak dianggap dan mendapat ketidakadilan dari warga, akhirnya dengan kemarahan dan kebencian yang memuncak Sida Malung meminta di ajarkan aji wegig oleh gurunya. Sida Malung berhasil mempelajari aji wegig yang bisa mengubah dirinya menjadi anjing hutan besar berwarna hitam.

Saat bulan purnama dia akan muncul, lalu mengelilingi rumah-rumah dan meneror warga desa. Di keheningan malam terdengar bunyi gemeretak keras, itu pertanda I Sida  Malung mengeluarkan suara dari gigi taringnya. Siapapun yang melihatnya akan meninggal seketika.

Hal itu membuat warga desa resah sehingga warga meminta bantuan Empu Baradah. Empu Baradah pun turun tangan beserta murid-muridnya, lalu Empu Baradah menghadang Sida Malung untuk menghentikan perbuatan jahatnya.

 

Via : ogohogohdenpasar

  • 02 Maret 2019
  • Dibaca: 178 Pengunjung

Seni Budaya Terkait Lainnya

Cari Seni Budaya