Rai Mantra Bentuk Tim Percepatan Integrasi Smart City

  • 08 September 2017
  • Oleh: admin 3
  • Dibaca: 1093 Pengunjung
Rai Mantra Bentuk Tim Percepatan Integrasi Smart City

Percepatan integrasi pelayanan publik melalui Smart City getol dilakukan Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra. Pembentukan Tim percepatan integrasi program Smart City dibahas pada Jumat (8/9) di Graha Sewaka Dharma Lumintang. Keterlibatan Forum Perbekel/Lurah, Kelompok Ahli, Staf Ahli  hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilakukan Rai Mantra dalam membahas rencanan program dan langkah evaluasi Smart City yang terintegrasi dari desa/kelurahan.

“Program E-Sewaka Dharma dikelurahan dan desa menjadi langkah integrasi program smart city hingga OPD terkait di Pemkot Denpasar, sehingga pembentukan Tim percepatan integrasi menjadi langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ ujar Rai Mantra. Lebih lanjut dikatakan pembentukan tim yang melibatkan kelompok ahli dan staf ahli hingga OPD sebagai tindaklanjut atas kerjasama pendampingan bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) belum lama ini. Langkah ini ITB akan melakukan pendampingan percepatan integrasi Smart City Kota Denpasar dari desa/kelurahan. Program kedepan Rai Mantra mengarahkan pelayanan di setiap OPD seperti santunana kematian, KTP, BPJS, dan pelayanan perijinan di Kecamatan dapat diakses melalui desa/kelurahan lewat program E-Sewaka Dharma yang segera akan dilaunching. Dari langkah ini diharapakan Rai Mantra, masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan perangkat komputer dari jaringan internet telah disiapkan secara baik. Dari langkah ini juga memberikan pendataan pasti terkait dengan jaringan sosial yang meliputi masalahan kesehatan, pendidikan, kependudukan hingga lansia. “Pertemuan kali ini untuk membahas integrasi program dan percepatan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga tidak ada lagi OPD yang bekerja sendiri namun harus mampu melakukan program terintegrasi Smart City,’’ ujarnya.  

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar Dewa Made Agung mengatakan Tim akselerasi Smart City tidak hanya berpaku pada teknologi tetapi menyangkut seluruh aspek dari segala bidang dan program dimasing-masing OPD. Diskominfo dibidang teknologi komunikasi mengintegrasikan program dari desa/lurah hingga OPD sebagai pusat data dan mengarah pada  keputusan pimpinan. Seperti pada program E-Sewaka Dharma di kelurahan/desa terkait santunan kematian dengan aplikasi telah disiapkan yang dapat diakses masyarakat dari perangkat Komputer di setiap desa/kelurahan.

Sementara Ketua Forum Kades/Lurah Se-Kota Denpasar Wayan Mirta mengatakan desa dan lurah sudah terinstal aplikasi E-Sewaka Dharma. Hal ini terus dilakukan evaluasi terkait surat menyurat dan data-data kependudukan yang terhubung langsung dengan bank data Diskominfo. Aplikasi surat menyurat telah disiapkan bersama Diskominfo yang nantinya melakukan kearsipan surat dalam satu pintu. “Mempercepat program ini pihaknya bersama desa/lurah telah melakukan pembaharuan perangkat komputer dengan layar sentuh yang nantinya masyarakat melakukan pengisian data surat menyurat secara mandiri dilanjutkan print surat dan pengecekan kelangkapan data langsung oleh pihak desa/kelurahan,” ujarnya. (Pur/humas)

  • 08 September 2017
  • Oleh: admin 3
  • Dibaca: 1093 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya