Jadi Media Komunikasi, Wujudkan Keberlanjutan Program Pembangunan Guna Capai SDG's Jaya Negara Hadiri Rakor Komwil IV APEKSI Ke 14

  • 19 April 2018
  • Oleh: kominfo
  • Dibaca: 42 Pengunjung
Jadi Media Komunikasi, Wujudkan Keberlanjutan Program Pembangunan Guna Capai SDG's Jaya Negara Hadiri Rakor Komwil IV APEKSI Ke 14

Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakor Komwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) merupakan agenda rutin setiap tahun. Di Tahun 2018 ini diselenggarakan di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur sekaligus sebagai tuan rumah Rakor Komwil IV APEKSI ke 14 yang diikuti 13 Kota untuk wilayah Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. H. Abdul Hamid ditandai dengan pemukulan gong, Rabu (11/4) di Hotel Singhasari Resort Kota Batu Malang.

Dari Pemkot Denpasar dihadiri langsung Plt. Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, Plt. Ketua PKK Kota Denpasar, Ny.Antari Jaya Negara, Sekda, A.A.N Rai Iswara, Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Iswara, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kemasyarakatan Sekda Kota Denpasar, I Made Toya dan Kepala OPD terkait lainnya.

Plt. Walikota Jaya Negara didampingi Sekda Rai Iswara dan Plt. Kabag Pemerintahan Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Juli Artabrata, mengatakan bahwa APEKSI ini diharapkan mampu menjadi  media untuk berkomunikasi antar kota dalam melaksanakan program pembangunan inklusif di daerahnya masing-masing. Selain itu masalah-masalah yang dialami pada masing-masing pemerintah kota bisa di diskusikan melalui forum APEKSI ini, yang mana nantinya bisa dijadikan rekomendasi untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah pusat. "Semoga kegiatan ini dapat menciptakan kerjasama yang baik dan  dapat mempercepat pelaksanaan otonomi daerah serta yang terpenting adalah mampu mewujudkan implementasi Sustainable Development Goals (SDG's) yang bertujuan untuk kesejahteraan menuju masyarakat yang bahagia,"pungkas Jaya Negara.

Dalam pelaksanaan APEKSI ini, Pemkot Denpasar juga melibatkan peran serta Perbekel/Lurah dimana mereka membawakan Tarian Cak Kolosal dalam kegiatan pawai budaya. Selain itu, juga melibatkan UMKM dengan mengikuti Pameran produk unggulan. Disamping itu, juga mengikuti kegiatan Ladies Program (Seminar) yang melibatkan keikutsertaan Plt. Ketua PKK Kota Denpasar dan Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Denpasar dengan materi bahaya gadget terhadap  anak. Pada akhir kegiatan APEKSI ini disi dengan kegiatan penanaman pohon khas daerah masing-masing.

Sementara, Wakil Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat, Muh Samanhudi Anwar mengatakan APEKSI adalah forum yang terdiri dari 98 kota yang bertujuan untuk membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah dan menciptakan suasana yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah sejalan dengan semangat desentralisasi dan demokrasi. "Kegiatan ini sangat penting karena sebagai ajang untuk bertukar informasi, ilmu hingga pengalaman serta melaksanakan inovasi pembangunan inklusif yang berkelanjutan menuju kesejahteraan masyarakat  sesuai dengan tema APEKSI 2018 yakni keberlanjutan program pembangunan daerah dan implementasi SDG's," kata Samanhudi Anwar. (Ngurah).

  • 19 April 2018
  • Oleh: kominfo
  • Dibaca: 42 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya