Trik Pengolahan Ayam Betutu Ala Warung Sari Anyar Denpasar

  • 16 Juni 2017
  • Oleh: admin 3
  • Dibaca: 1446 Pengunjung
Trik Pengolahan Ayam Betutu Ala Warung Sari Anyar Denpasar

Salah satu tempat makan yang berada di Kota Denpasar bernama Warung Sari Anyar memiliki menu andalan, yakni ayam betutu. Pemilik Warung Sari Anyar Anak Agung Ngurah Arnawa memiliki cara tersendiri dalam mengolah ayam betutu miliknya, sehingga menciptakan cita rasa tersendiri yang membedakan ayam betutu khas Warung Sari Anyar dengan warung makan lainnya.

Setelah bumbu dibalurkan, Arnawa kemudian menyelimuti ayam tersebut menggunakan daun pisang. Tujuannya tidak lain agar aroma yang ditimbulkan dari ayam betutu lebih wangi dan khas. Selama 65 menit, ayam dimasak dengan cara dikukus di atas api dengan tingkat kepanasan yang normal.

“Selama 1 jam lebih 5 menit itu khusus untuk ayam boiler. Kalau terlalu lama nanti kandungan protein dari ayam akan hilang. Waktu 1 jam lebih 5 menit itu sudah tepat, matangnya juga sempurna,” kata Arnawa.

Lanjut Arnawa, bila di tempat lain ayam betutu yang disajikan menggunakan kuah yang melimpah, di Warung Sari Anyar, pelanggan hanya akan menemukan kuah betutu dalam jumlah yang sedikit. Arnawa hanya menggunakan kuah dari hasil tetesan ayam yang dikukus. Rasa yang dihasilkan tentu jauh berbeda. Kuah betutu ala Warung Sari Anyar memiliki cita rasa yang lebih kuat dan gurih. Untuk lebih memanjakan lidah konsumen, Arnawa menyediakan tiga jenis ayam betutu.
Ada ayam boiler, ayam kampung, dan ayam merah. Masing-masing ayam tersebut dijual dengan harga mulai Rp 70 ribu per ekornya.

  • 16 Juni 2017
  • Oleh: admin 3
  • Dibaca: 1446 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya

Berita Lainnya